2/16/2017

TIPS BUAH KUPAS AGAR TETAP SEGAR

Selain sayuran buah-buahan juga merupakan makanan paling sehat di dunia. Rasanya yang manis alami membuat lidah tidak bisa berhenti mengecapnya. Ada juga beraneka macam nutrisi dan manfaat hebat yang pastinya membuat badan makin sehat. Tapi, Anda sudah tahu belum bagaimana cara menyimpan buah yang benar? Metode yang salah akan membuat buah kehilangan kesegarannya, apalagi kalau kulitnya sudah terbuka. Untuk itu, yuk simak tips berikut ini :
1. Citrus dan Zat Asam Lainnya
Buah apel, pir, dan pisang akan berubah warna kalau dibiarkan begitu saja dalam keadaan terkupas. Anda harus segera memakan atau mengolahnya agar rasa buah tetap lezat. Tapi kalau buah itu untuk kebutuhan esok hari, gunakan zat asam untuk menjaga kesegarannya. Letakkan buah kupas dalam wadah lalu beri perasan air lemon atau jeruk. Cara ini akan membuat warna buah tetap putih dan kesegarannya bertahan lama. Tutup wadah dan simpan di tempat sejuk. Mudah bukan?

2. Air
Menenggelamkan buah dalam air dingin saat baru di kupas adalah cara paling efektif untuk membuatnya tetap segar. Proses oskisdasi buah akan berhenti untuk sementara waktu karena air  menghambat udara mengubah warna buah tersebut, seperti yang dijelaskan dalam situs kesehatan Livestrong. Hal ini juga membuat enzim yang dimiliki buah tetap bertahan di dalam sehingga tidak mengubah rasanya.

3. Gula dan Garam
Sirup gula yang dioleskan ke permukaan buah kupas akan menjaga warnanya tetap cemerlang. Begitu pula dengan air garam. Namun kedua bahan ini bisa mengubah rasanya sehingga kesegarannya terganggu.

4. Diawetkan
Potong buah kupas Anda menjadi kecil-kecil. Campurkan cuka dan gula lalu aduk sampai menyatu. Tuangkan ke dalam potongan buah tadi lalu tutup rapat dan simpan di tempat sejuk. Cara ini tidak hanya membuat warnanya tetap cantik tapi juga mengawetkan buah sehingga bisa bertahan hingga berbulan-bulan. Rasa dan teksturnya tidak akan berubah dan buah potong segar bisa dinikmati kapan saja.

Sudah pernah mencoba salah satunya? Kalau belum yuk segera diterapkan. Keempat tips tadi akan membuat buah-buah di rumah tetap segar dan sehat meskipun sudah terlanjur dikupas. Selamat mencoba ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar