10/26/2016

ANGGUR LAUT








ANGGUR LAUT ( Coccoloba uvifera)



Tanaman yang sering disebut anggur laut ini karena sering dijumpai di tepi pantai mempunyai naman latin Coccoloba uvifera seperti di  Pesisir pantai tropis Amerika dan Karibia, termasuk   selatan Florida, Bahama, Barbados, Antigua dan Bermuda serta Daerah pesisir pantai terutama pantai Jawa. 

Di jagad pertanaman, coccoloba uvifera cukup dikenal sebagai tanaman perdu penghijau tepi laut dan banyak ditemui di daerah pesisir pantai sehingga menyukai habitat berpasir dan sedikit asin.Tanaman ini juga digunakan tanaman hias dan tanaman pada taman halaman karena bentuknya yang unik.

Bentuk tanamannya mirip pohon jambu air bisa mencampai tinggi 4 meter , dengan buah yang berdompol seperti anggur dan berwarna hijau saat masih muda Dan berwarna ungu saat sudah matang. Pohon ini mempunyai dua jenis kelamin yang berbeda pohon, sehingga dalam penanamanya harus ada pohon jantan dan betina jika tanaman ingin berbuah 

Biasa dikonsumsi langsung ataupun dibuat jus, dibuat rujak dan diminum langsung rasa buahnya asam manis. Daunnya menyerupai piring. Karena biasa hidup di tepi pantai maka tanaman ini sangat suka terik matahari sehingga tidak memerlukan banyak penyiraman air apabila ditanaman di lahan biasa apalagi saat musim hujan penyiraman cukup dilakukan seminggu sekali.Namun untuk menjaga penampilan tetap prima, anggur laut sebaiknya diletakkan outdoor dengan intensitas cahaya sesuai kebutuhan manipulasi pohon.Perbanyakan bisa dengan cara stek, cangkok , dan biji dari buah yang sudah matang. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar