10/26/2016

BUAH CINTA






BUAH CINTA (LOVE FRUIT)


Love fruit ( Synsepalum Dulcificum)


          Buah cinta atau sering disebut dengan miracle fruit ini mempunyai nama ilmiah Synsepalum Dulcificum merupakan tanaman asli pedalaman hutan tropis Indonesia yaitu tanjungbira sulawesi utara yang buahnya berbentuk hati untuk itu  sering disebut love fruit atau nama daerahnya buah penka-penka . Tanaman kerabat adenium itu tumbuh di hutan-hutan. Buah ini bermanfaat untuk meningkatkan stamina dan libido. Penduduk Tanjungbira  kerap mengonsumsi buahnya ketika sedang mencari kayu bakar di hutan sebagai salah satu sumber stamina.

       Buah ini juga sering disebut buah ajaib karena buah ini bisa merubah rasa. Bahkan buah ini bisa merubah rasa jeruk nipis yang asam menjadi manis. Buah ini ketika dimakan akan terasa agak asam  pada awalnya, namun lama kelamaan akan berubah manis, dan ketika kita minum air , rasanya akan manis seperti  sirup dan merah menyala bila matang masih dari alam, belum ditangkarkan.

     Tinggi tanaman mulai 30cm bisa mencapai 2 meter dengan daun yang rimbun dan bisa berbuah. Biasa hidup di celah celah batuan pantai. Buahnya berbiji besar ,berdaging tipis, sedikit berair dan dagingnya berwarna kuning. Buah pengka-pengka yang tumbuh berdempet membentuk seperti hati berkulit hijau saat muda. Warna kulit berubah menjadi merah ketika matang. Cara perbanyakannya bisa melalui stek,cangkok dan biji dan masih diteliti keberhasilan tumbuhnya.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar