10/27/2016

BEACH CHERY








Beach Chery ( Eugenia Reinwardtiana)



Tanaman Beach Cherry (Eugenia Reinwardtiana) adalah tanaman perdu yang menghasilkan buah kecil-kecil seukuran buah kersen. Berwarna hijau saat buah masih muda, akan berubah menjadi kuning dan kemudian merah tua setelah benar-benar matang. Rasanya manis segar, berdaging relatif tipis, terdapat biji di dalamnya. Mirip seperti buah kopi.

Buahnya berkhasiat untuk membantu tubuh menjadi sehat karena kandungan nutrisi dan rendah kalori. Menurut penelitian para ahli, didalam buah ini ada zat yang dapat melawan peradangan dan kanker, karena  didalam cherry terkandung quercetin dan asam ellagic (zat yang dipercaya dapat menghambat  tumor yang tumbuh dan  mematikan sel kanker), juga baik bagi penderita kolesterol yang akhirnya bila dikonsumsi reguler dipercaya setidaknya dapat mencegah stroke ringan (bukan mengobati).

Mengandung antiviral, antibakteri, juga ada zat yang disebut dapat menurunkan kadar asam urat pada darah, sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada sendi. Dalam pengobatan china dipercaya mengurangi sakit asam urat, artritis, rematik.  bahkan dengan kandungan zat besi dalap melawan anemia secara alami.Mengandung anthocyanins  yang disebut dapat melindungi sel otak dan kerusakan saraf yang terjadi pada penderita alzheimer.

Mengandung antioksidan dari warna merah buahnya yang mengandung antosianin.  Menurut para ahli antioksidan adalah   zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Di tubuh kita ada  radikal bebas, pada jumlah tertentu, radikal bebas diperlukan untuk  membantu sel darah putih atau lekosit guna menghancurkan atau memakan kuman yang masuk ke dalam tubuh. Kalau radikal bebas terdapat banyak pada tubuh bisa berakibat penuaan dini karena dapat merusak senyawa lemak yang membuat kulit kehilangan kekencangan dan mudah keriput. Oksidan juga disebut dapat mencegah tumbuhnya sel kanker pada payudara wanita. 
Tanaman ini cukup populer karena sosoknya yang perdu tidak membutuhkan lahan luas, sehingga ideal ditanam di dalam pot (tabulampot). Daunnya selalu terlihat hijau (evergreen) di selingi buah-buah mungil yang enak dimakan. Jadi, beach cherry adalah penghias halaman sekaligus sumber nutrisi sehat bagi keluarga.
Beach cherry termasuk tanaman yang mudah ditanam. Jarang terserang hama dan penyakit. Dapat tumbuh di dataran tinggi maupun dataran rendah. 
Pemupukan ulang perlu dilakukan lagi setelah 2 sampai 3 bulan. Caranya cukup ditaburkan di atas media tanam.Penyiraman dilakukan 2 kali sehari

Namun tanaman beach cherry tetap memiliki nilai ekonomis jika di perjual-belikan sebagai tanaman hias berbuah. Ukuran tanaman relatif kecil, cukup ditempatkan pada pot kecil ber-diameter sekitar 30 cm.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar