10/26/2016

CHERY BARBADOS

                                                               
                                                       CHERY BARBADOS




CHERY BARBADOS  ( Malpighia emarginata)



Tanaman chery barbados atau banyak nama lainya yaitu Acerola,West Indian Chery, dan Wild Crepemyrtle, Sianci dan Cermai kebo ini memiliki nama ilmiah Malpighia emarginata .  Asal  usul dari tanaman ini adalah dari daerah amerika selatan, daerah selatan Mexiko, dan Amerika tengah hingga utara texas dan sebagian daerah subtropis hingga ke Asia dan India. Tanaman ini dapat hidup pada iklim tropis dan subtropis.sehingga dapat ditemukan di banyak lokasi seperti Canary Islands, Ghana, Ethiopia, Madagascar, Zanzibar, Sri Lanka, Taiwan, India, Jawa, Hawaii, dan Australia.

Buah yang telah matang berwarna merah menyala seukuran buah anggur. Bentuknya mirip buah apel dalam ukuran mini dagingnya berwarna putih kekuningan. Meskipun rasa buahnya agak masam, namun banyak dibudidayakan karena memiliki manfaat tinggi dalam bidang kesehatan.

Buah mungil ini banyak mengandung vitamin A dan C. Bahkan kandungan vitamin C 4 kali lipat kandungan vitamin C dari buah jeruk.  Menjadi sangat beralasan bila buah ini dinilai berkhasiat tinggi. Buah ini sangat bermanfaat bagi penderita penyakit hati, diare, disentri, ampuh meringankan gejala batuk dan pilek, meningkatkan kesehatan otak, mencegah penyakit parkinson, dan memperlambat penuaan dini.Bisa diolah dalam bentuk jus atau tablet sehingga lebih mudah dikonsumsi sebagai minuman kesehatan.

Barbados Chery merupakan tanaman perdu, bertajuk rimbun, dengan tinggi tanaman mencapai 6 m. Musim berbuah pada bulan Mei dan Desember. Keunikan tanamannya adalah bentuk dan warna bunga menarik seperti bunga sakura.Perakaran tanaman ini relatif dangkal sehingga tidak tahan angin.Biasa diperbanyak dengan  berupa biji (seeds) maupun cangkokan.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar