10/26/2016

ANGGUR BRAZIL



ANGGUR BRAZIL

Jaboticaba ( Myrciaria Cauliflora syn )

Tanaman anggur brazil atau sering disebut juga anggur batang, mempunyai nama ilmiah Myrciaria Cauliflora syn ,mempunyai habitat asal dari pebukitan selatan  brazil.

Tanaman ini berbentuk mirip pohon jambu meskipun bernama anggur brazil tanaman ini tidak seperti pohon anggur yang biasanya yaitu bentuknya merambat, namun buahnya berbentuk seperti buah anggur sehingga disebut anggur brazil.Buahnya ini tumbuhnya menempel pada permukaan batang pohon sehingga sering dijadikan tanaman hias karena keunikannya itu. 
Tanaman ini bisa tumbuh mencapai tinggi 3-8 meter. Bisa berbuah saat usia 2 tahun atupun usia 3 tahun tergantung piihan bibit saat kita menanam dan perawatan. Dan biasa berbuah 2-3 kali dalam setahun. Sekali panen bisa menghasilkan 5-8 kg buah. Rasa buahnya manis dan tekstur buahnya juga seperti anggur namun lebih enak dari anggur karena ada rasa-rasa unik yang tidak di dapat pada buah anggur. Saat muda buahnya juga berwarna hijau dan saat tua berwarna ungu sama seperti anggur. Ukuran diameter buahnya 3-4 cm.
 Buah anggur brazil dapat dikonsumsi langsung , dibuat jus, dibuat selai ataupun difermentasi menjadi minuman wine. 
Buah ini juga kaya akan antioksidian sehingga bermanfaat untuk mencegah penuan dan membunuh sel kangker. Dipasaran harga buah ini amat mahal bisa mencapai 100 ribu/kg karena masih jarang ditemukan. Sehingga prospek bisnis budidayanya masih ada peluang yang amat besar.
Tanaman ini bisa bertahan hidup pada iklim tropis maupun subtropis dan  biasa hidup pada dataran tinggi ( 600-1500m dpl), namun tanaman ini tetap bisa hidup didataran rendah asal kelembaban tanahnya tetap terjaga karena tanaman ini sangat suka air dan bisa tahan terhadap genang air juga, malah saat musim penghujan biasanya berbuahnya tidak putus-putus. Tanaman ini bisa hidup pada lahan pasir, tanah alkali (basa) maupun tanah yang asam. Tanaman ini juga jarang terkena penyakit.
Perawatan untuk tanaman ini sangat mudah dengan cara pemupukan pemupukan 3 bulan sekali , pemangkasan batang-batang yang tidak produktif supaya tidak mengganggu produktifitas tanaman saat sedang berbunga. Dan tips agar tanaman supaya cepat berbuah yaitu dengan menyiram  permukaan batang pohon 3 kali sehari supaya batang cepat mengelupas dan cepat berbunga lalu jadi cepat berbuah juga. Untuk perbanyakan tanaman bisa melalui biji dan cangkok.







Tidak ada komentar:

Posting Komentar