10/26/2016

BUAH ARACA










Buah Araca ( Eugenia stipitata)


Buah Araca yang sering disebut araca boi atau brazilian guava ini memiliki nama ilmiah Eugenia stipitata. Buah ini berasal dari Rimba hujan daerah Amazon di Brazil, Ekuador, serta Kolombia. Biasa hidup diDataran  rendah/iklim panas/suhu 30-35°C seperti negara kitaini,  namun bisa juga  brtahan hidup di Dataran tinggi juga bisa asal suhunya tidak ekstrim, membutuhkan  Sinar matahari full untuk itu kebanyakan ditanam untuk tanaman outdor.

Tanaman ini juga membutuhkan tanah gembur untuk hidupnya. Dapat berbuah saat usia 3-5 tahun. Mempunyai ranting yang banyak . Buahnya berbentuk bulat berukuran  7-15 cm , satu buah  bisa mencapai 750 gr namun juga ada yang kecil.

Buahnya rasanya asam , mempunyai  tingkat keasaman  yang tinggi yaitu mencapai  ph 2-4. Daging buah berwarna kuning, kulitnya mengkilap , beludru dan kuning saat matang. Buahnya mempunyai aromatic yang sangat berbeda mirip mangga namun lebih lembut. Selain itu buah Araca mengandung banyak vitamin C  yang 2 kali lipat dari jeruk sehingga baik untuk daya tahan tubuh. Selain itu buah araca juga mengandung nitrogen , potasium , sedikit protein, serat dan fiber serta aneka asam amino yang baik untuk kesehatan.

Karena rasanya asam maka buah ini jarang dikonsumsi secara langsung kalaupun dikonsumsi secara langsung bisa ditambahkan sedikit gula supaya tidak asam sekali, biasanya dibuat selai, jus, manisan atau bisa juga dibuat es krim. Tanaman ini bisa diperbanyak melalui stek ataupun cangkok, untuk perawatan bisa dipupuk NPK dan kanadang 2 bulan sekali atau sesuai kebutuhan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar