10/27/2016

BARINGTON ( KEBEN)





BARINGTON ( Barringtonia asiatica Kurz)


Tanaman Baringtonia atau biasa dikenal dengan banyak nama seperti Keben, songgom, putat laut, butun,dan  lebih terkenal dengan nama pohon perdamaian ini mempunyai nama ilmiah Barringtonia asiatica Kurz.Tanaman ini adalah Jenis tumbuhan pantai yang tumbuh tersebar dari Madagaskar, Sri Lanka, India, Burma (Myanmar), Indo-Cina, kepulauan Andaman, Thailand, seluruh Malesia termasuk Indonesia dan ke arah Australia Utara dan daerah Pasifik hingga Samoa dan kepulauan Society (Tahiti). Jenis ini juga sudah ditanam di Africa Timur, Hawaii, dan Hindia Barat. Konon keben adalah tanaman pertama yang tumbuh dipulau anak krakatau.

Tanaman ini biasa tumbuh di hutan pantai, pantai dan pantai berkarang, kadang-kadang tumbuh diantara  mangrove. Namun bisa tumbuh sama baiknya di daratan. Baringtonia dapat tumbuh hingga tinggi 4- 16 meter. Buahnya sering terlihat mengapung sepanjang pantai mereka mengapung dan dapat tumbuh setelah menempuh perjalanan yang jauh.

Tanaman  keben mempunyai sistem perakaran yang banyak dan sebagian tergenang di air laut ketika sedang pasang. Bentuk daunnya cukup besar, mengkilap dan berdaging. Daun mudanya berwarna merah muda dan akan berubah menjadi kekuningan setelah tua.

Buahnya berbentuk bundar seperti telur, menirus keujung, menetragonal tajam ke pangkal yang menggubang, bila muda berwarna hijau setelah tua berwarna coklat. Bagian luarnya terdiri dari kulit berserabut dan didalamnya terdapat tempurung di dalam tempurung terdapat sebutir biji yang keras, berlendir dan berwarna putih.

Rasa buahnya tidak enak untuk dimakan,namun buahnya banyak dimanfaat untuk kesehatan karena  diyakini mampu mengatasi penyakit mata seperti katarak, petrigium, glaucoma, myopia (mata minus), hipermetropia (mata plus), astigmatis, dan infeksi mikroba. Biasanya di gunakan untuk tetes mata alami memang mata akan terasa pedih sekitar 15 menit, namun terbukti ampuh untuk mengurangi berbagai keluhan pada mata.

Senyawa aktif dalam biji buah ini, yang diduga kuat memiliki efek penyembuhan dalam pengobatan mata adalah dari golongan saponin. Beberapa jenis saponin telah berhasil diidentifikasi. saponin yang berasal dari buah keben merupakan saponin jenis baru. Dengan kandungan senyawa tersebut buah keben telah dilaporkan memiliki banyak aktivitas farmakologis seperti anti bakteri, anti jamur, analgesik, dan anti tumor. Bijinya juga bisa digunakan untuk racun ikan dan juga membunuh ektoparasit dan lintah.

Tanaman ini biasa digunakan untuk tanaman hias taman karena bentuk buahnya yang unik dan bergerombol seperti anggur serta daunya yang besar-besar unik. Dapat diperbanyak dengan cangkok ataupun biji.





2 komentar:

  1. just info: Barringtonia Edulis seperti dalam gambar lain dengan keben, untuk Barringtonia Edulis ini eak dimakan isinya seperti kacang macadamia. tempat kami sudah berbuah lebat. ini ada youtube nya juga untuk konsumsi biinya https://www.youtube.com/watch?v=KUxtXNQHJ6I

    BalasHapus